Selamat datang di amalimuadz.blogspot.com                                                                                                                          Mari saling berbagi Informasi                                                                                                                          Jika kalian masih berbaring bermalas-malasan, maka duduklah untuk berfikir sejenak, merencanakan tujuan hidup yang lebih baik.                                                                                                                           Jika engkau telah duduk, maka bangkitlah berdiri untuk mempersiapkan meraih apa yang telah engkau rencanakan.                                                                                                                           Jika engkau telah berdiri maka berlarilah, gapailah cita-cita atau tujuan yang telah engkau impikan.                                                                                                                           Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang lebih baik.

Rabu, 10 April 2013

PISTOL KOSET (permainan)

Ayo siapa yang pernah memainkan permainan ini???

Tidak seperti sekarang yang semua alat permainan sealu bisa di beli di toko-toko mainan, malah dengan perkembangan teknologi banyak permainan yang bisa dilakukan dengan alat-alat modern bahkan bisa dilakukan secara online.

Permainan tradisional ini, sebenarnya mampu mengembangkan kreativitas karena untuk memainkannya kita harus berusaha untuk membuat nya terlebih dahulu.

Permainan sederhana ini bernama PISTOL KOSET (pistol korek api) yaitu mainan anak-anak sangat terbatas, pistol dari bahan “papan kayu”.
Papan Kayu itu digambar bentuk pistol, dan dipotong sesuai gambar, Dibagian belakangnya dipasang penjepit yang diikat beberapa karet gelang. Didepannya dibuat selongsong, sebagai pemicu dipasang karet gelang juga. Kemudian Lidi Koset, dipasang pada karet pemicu, dijepit, lalu..gresss dinyalakan dan penjepitnya di lepas, karena lentingan tenaga karet, melayanglah lidi koset menyala itu.
Sungguh suatu mainan yang sangat sederhana namun perlu perjuangan baik mencari papan kayu maupun membentuknya menjadi pistolan, suatu mainan yang amat nostalgis dan fantastis. 

Seni pistol koset alias pistol korek api ini, merupakan seni dan budaya yang sekarang makin hilang dikalangan anak-anak dan pemuda di lingkungan masyarakat, untuk membuat pistol korek api ini perlu kreativitas yang tinggi dan bisa membuat anak-anak usia dini untuk terus berkreativitas yang positif. 
Semoga budaya mainan tempo dulu ini bisa kembali lagi dikalangan masyarakat yang semakin maju.

 
Lihat Daftar Isi Lengkap disini

0 komentar: