Selamat datang di amalimuadz.blogspot.com                                                                                                                          Mari saling berbagi Informasi                                                                                                                          Jika kalian masih berbaring bermalas-malasan, maka duduklah untuk berfikir sejenak, merencanakan tujuan hidup yang lebih baik.                                                                                                                           Jika engkau telah duduk, maka bangkitlah berdiri untuk mempersiapkan meraih apa yang telah engkau rencanakan.                                                                                                                           Jika engkau telah berdiri maka berlarilah, gapailah cita-cita atau tujuan yang telah engkau impikan.                                                                                                                           Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang lebih baik.

Kamis, 04 November 2010

Tips Menghadapi SPAM


Sering kita memperoleh email mengenai promosi suatu produk, suatu propaganda mengenai faham, yang sebenarnya kita tidak mengharapkan untuk menerimanya. Email semacam ini dikategorikan sebagai "spam". Ada beberapa definisi mengenai spam. Diantaranya adalah :

  1. Membuat crash suatu program dengan memakai buffer yang menggunakan input data terlalu besar.
  2. Mengirimkan suatu pesan ke newsgroup menyebabkan forum tersebut penuh dengan pesan yang tidak relevan.
  3. Mempostingkan artikel ke banyak newsgroup atau mailing list. Hal ini disebut juga ECP (Excessive Cross-Posting).
  4. Memborbardir suatu newsgroup/mailing list dengan kopi-an suatu artikel yang sama.
  5. Mengirimkan banyak email serupa yang tidak diharapkan oleh pembacanya, terutama yang berkaitan dengan iklan suatu produk.
  6. Output yang besar dan menjengkelkan. Misalnya terjadi pada seorang pengguna IRC yang beranjak sebentar dari monitor, kemudian saat kembali seringkali merasa jengkel melihat kalimat yang mungkin terdiri dari beratus-ratus baris. Ini dikategorikan juga sebagai spam.

Spam ini sangat mengganggu, terutama bagi user yang bandwith koneksi internetnya kecil, tidak memiliki waktu luang untuk mengakses internet, atau kuota emailnya dibatasi.

Spamming-mail tersebut dapat dihindari dengan :
  1. Tidak merespon spamming mail.
  2. Tidak meresply spamming mail dengan kata "remove". Karena Hal ini akan mengakibatkan email anda dicatat sebagai email yang aktif, dan akibatnya alamat anda akan dicantumkan pada list yang lain. Akibatnya anda akan menerima lagi spamming-mail.
  3. Jangan mengakses website yang direkomendasikan dalam spamming mail tersebut. Akses ini akan dimonitor, dan berfungsi sebagai alat validitas alamat email anda. Selanjutnya anda tidak akan bebas dari spamming-mail.
  4. Jangan sekali-kali men-sign-up suatu site yang menjanjikan bahwa alamat anda akan dihapus dari suatu list spamming-mail. Dengan menuliskan alamat anda, berarti anda memberikan informasi alamat email anda pada pengelola situs tsb., dan kebanyakan mereka berperan sebagai kolektor alamat email.
   
Apa bila anda terlanjur menerima spamming-mail maka :
  1. Janganlah mengirimkan complain anda ke pengirim spamming-mail
  2. Janganlah sekali-kali mematuhi "petunjuk" agar didrop dari mailing list mereka sebagaimana diberikan di bagian akhir spamming-mail tersebut. Akan tetapi kirimkan complain anda pada ISP (Internet Service Provider).
  3. Cara memblock spamming email, bila domain alamat anda @yahoo.com, silakan merefer ke http://help.yahoo.com/help/us/mail/read/read-22.html
Bila spamming email tersebut diterima dari seseorang yang beralamatkan @yahoo.com atau @yahoo.co.jp, anda tinggal memforwardkan spamming-mail tersebu lengkap dengan header-nya ke abuse@yahoo.com 



1 komentar:

Tomiplaza mengatakan...

Postingnya sgt bermanfaat, selama sy bingung spam itu apa? Tp sekarang mulai paham dengan membaca posting ini. Lain kali sy berknjg lg, mau jum'atan dl