Selamat datang di amalimuadz.blogspot.com                                                                                                                          Mari saling berbagi Informasi                                                                                                                          Jika kalian masih berbaring bermalas-malasan, maka duduklah untuk berfikir sejenak, merencanakan tujuan hidup yang lebih baik.                                                                                                                           Jika engkau telah duduk, maka bangkitlah berdiri untuk mempersiapkan meraih apa yang telah engkau rencanakan.                                                                                                                           Jika engkau telah berdiri maka berlarilah, gapailah cita-cita atau tujuan yang telah engkau impikan.                                                                                                                           Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang lebih baik.

Rabu, 14 Desember 2011

Makam Datuk Sintai

Gambar diatas adalah gambar makam Datuk Sintai ukuran makam tersebut sekitar 1.5 x 3 meter. Makam ini telah dipugar pada 5 Desember 2001 lalu oleh S. Hasan Bin Syeh, R. Sumadi, Arifin Marzuki, R. Sudaryono Sultan Raja Emas dan Datuk Tanpa Namo. Nisan dari makam tersebut sebelum dipugar terbuat kayu bulian yang sangat besar.

Bagi warga Seberang Kota Jambi, Datuk Sintai dipercaya sebagai pembawa agama Islam pertama di Jambi sekitar 400 tahun lalu yang berasal dari negeri cina. Namun tak banyak orang yang mengetahui sejarah hidup Datuk Sintai tersebut.

Dengan keberadaan beliau sebagai penyiar agama islam dari negeri Cina, makanya daerah Olak Kemang sampai Arab Melayu dikenal sebagai Kampung Pecinan Jambi.

Diceritakan bahwa anak Datuk Sintai ini berjumlah 12 orang yang salah satunya  yaitu Nyai Resih binti Sintai menikah dengan Sayid Husin Bin Ahmad Baragbah yang lebih dikenal sebagai Tuanku Keramat Tambak.

Karena Sayid Husin Bin Ahmad Baragbah seorang ahli ilmu agama yang berasal dari arab dan tujuan utamanya memang menyebarkan agama islam, maka beliau lebih dikenal dibandingkan dengan Datuk Sintai yang juga mensyiarkan agama Islam, tetapi masih dalam skala kecil.

Sumber :
  • blog.djarumbeasiswaplus.org/ridaefriani/






Lihat Daftar Isi Lengkap disini

0 komentar: